LEMBAR SOAL
Apakah pengertian pendidikan menurut Langeveld?.
Sebutkan dan jelaskan factor-faktor dalam pendidikan.
Apakah fungsi tujuan bagi pendidikan?
Sebutkan macam-macam tujuan pendidikan.
Sebutkan beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh pendidik.
Sebutkan persyaratan pribadi dan persyaratan jabatan yang harus dimiliki oleh seorang pendidik.
Sebutkan unsur-unsur yang terdapat dalam pendidikan.
Sebutkan ciri-ciri manusia Indonesia seutuhnya yang merupakan tujuan dari pendidikan nasional.
Sebutkan beberapa fungsi pendidikan dalam lingkungan keluarga.
Coba anda kemukakan beberapa penggunaan alat pendidikan yang tampak dalam bentuk tindakan.
LEMBAR JAWABAN
Pendidikan ialah setiap usaha, pengaruh, perlindungan dan bantuan yang diberikan kepada anak tertuju kepada pendewasaan anak itu, atau lebih tepat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari, dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.
a. Faktor Tujuan
Pendidikan sebagai suatu bentuk kegiatan manusia dalam kehidupanya juga menempatkan tujuan sebagai sesuatu yang hendak dicapai. Cita-cita atau tujuan yang ingin dicapai haruslah dinyatakan secara jelas, sehingga semua pelaksana dan sasaran pendidikan, memahami atau mengetahui suatu proses kegiatan seperti pendidikan . bila tidak mempunyai tujuan yang jelas untuk dicapai, maka prosesnya akan mengabur.
b. Faktor Pendidik
Pendidik ialah orang yang memikul pertanggungjawaban untuk mendidik yang meliputi :
· Orang dewasa
· Orang tua
· Guru
· Pemimpin masyarakat
· Pemimpin agama
c. Faktor Anak Didik
Anak didik ialah setiap orang yang menerima pengaruh dari seseorang atau sekelompok orang yang menjalankan kegiatan pendidikan.
d. Faktor Alat pendidikan
Alat pendidikan ialah suatu tindakan atau stuasi yang sengaja diadakan untuk tercapainya suatu tujuan pendidikan yang tertentu
e. Faktor Lingkungan
Lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan, yaitu pengaruhnya yang sangat besar terhadap anak didik. Meskipun lingkungan tidak bertanggung jawab terhadap kedewasaan anak, sebab bagaimanapun anak tingagal dalam satu lingkungan yang disadari atau tidak pasti akan mempengaruhi anak.
sebagai arah pendidikan, tujuan sebagai titik akhir, tujuan sebagai titik pangkal mencapai tujuan lain, dan memberi nilai pada usaha yang dilakuka.
tujuan umum, tujuan khusus, tujuan tak lengkap, tujuan sementara, tujuan insidentil, dan tujuan intermedier.
Ada beberapa karakteristikyang harus dimiliki oleh pendidik dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik.
· Kematangan diri yang stabil; memahami diri sendiri , mencintai diri secara wajar dan memiliki nilai-nilai kemanusiaan serta bertindak sesuai dengan nilai-nilai itu.
· Kematangan social yang stabil; dalam hal ini seorang pendidik dituntut mempunyai pengetahuan yang cukup tentang masyarakatnya , dan mempunyai kecakapan membina kerja sama dengan orang lain.
· Kematangan professional (kemampuan mendidik) yakni menaruh perhatia dan sikap cinta terhadap anak didik serta mempunyai pengetahuan yang cukup tentang latar belakang anak didik dan perkembangannya, memiliki kecakapan dalam menggunakan cara-cara medidik.
persyaratan pribadi
· berbudi pekerti luhur dan berbadan sehat
· memiliki kecerdasan yang cukup.
· Memiliki temperamen yang tenang.
· Kestabilan dan kematangan emosional.
Persyaratan jabata:
· Pengetahuan tentang manusia dan masyarakat seperti antropologi, sosiologi, sosiologi pendidikan, dan psikologi.
· Pengetahuan dasar fundamental jabatan profesi seperti ilmu keguruan dan ilmu pendidikan.
· Pengetahuan keahlian dalam cabang ilmu pengetahuan yang akan diajarkan, seperti, matematika, sejarah, biologi dan sebagainya.
· Keahlian dalam kepemimpinan pendidikan yang demokratis seperti human public relation yang luas dan baik.
· Memiliki filsafat pendidikan yang pasti dan tetap serta dapat dipertanggungjawabkan.
Unsur-unsur yang terdapat dalam pendidikan antara lain adalah:
· Usaha (kegiatan), usaha ini bersifat bimbingan (pimpinan atau pertolongan) dan dilakukan secara sadar.
· Ada pendidik, pembimbing, atau penolong.
· Ada yang dididik atau si terdidik.
· Bimbingan itu mempunyai dasar dan tujuan.
· Dalam usaha itu ada alat-alat yang digunakan.
Ciri-ciri manusia Indonesia seutuhnya adalah
· Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
· Berbudi peekerti luhur
· Memiliki pengetahuan dan keterampilan
· Sehat jasmani dan rohani
· Kepribadian yang mantap dan mandiri
· Bertanggung jawab terhadap masyarakat dan bangasa
Fungsi pendidikan dalam lingkungan keluarga antara lain adalah:
· Sebagai pengalaman pertama masa kanak-kanak
· Menjamin kehidupan emosional anak
· Menanamkan dasar pendidika moral
· Memberikan dasar pendidikan sosial
· Meletakkan dasar-dasar pendidikan agama bagi anak-anak
10. teladan, anjuran (suruhan/perintah), larangan, pujian dan hadiah, teguran, peringatan dan ancaman, serta hukuman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar